Pages

Saturday 2 March 2013

Mobil Imut Honda

mobil Honda mini 
Tokyo - Mobil bertampang unik, Honda Micro Commuter merupakan mobil kecil yang cocok di perkotaan. Bagaimana performa mobil listrik mungil ini?

Mobil ini muncul sebagai jawaban atas kebijakan sertifikasi mobil ultra-compact yang diwacanakan oleh Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang pada 1 Februari 2013 lalu.

Prototipe mobil ini sebenarnya sudah muncul di Tokyo Motor Show tahun lalu dan terus dikembangkan Honda.

Dari penampilannya mobil ini super imut. Lihat saja panjangnya yang hanya 2.500 mm dengan lebar 1.250 mm.

Selain jok untuk pengendara, di belakang ada cukup ruang untuk dua anak. Jadi mobil ini akan cukup nyaman bagi ibu-ibu muda yang mengantar anaknya ke sekolah.

m


Di Jepang, Anda bisa melihat ibu-ibu mengendarai sepeda sementara anaknya dibonceng di bagian depan dan belakang. Mobil ini sepertinya akan menyasar para ibu-ibu ini.

Jadi bayangkan, jika ada orang yang terjatuh dari sepeda kemudian terlindas oleh truk. Micro Commuter membuat bayangan insiden mengerikan seperti itu tidak terjadi.

Micro Commuter memiliki atap dan pintu, namun Honda juga tengah memikirkan untuk membuat berbagai tipe dari Micro Commuter, termasuk truk dan mobil beratap terbuka.

Kursi depannya berada tepat di bagian tengah, begitu Anda duduk di kursi pengendara, Anda melihat sebuah komputer tablet terpasang di depan. Tablet ini menampilkan berbagai informasi seperti jarak dan fungsi navigasi.

m


Micro Commuter didorong oleh mesin listrik berkapasitas 15kW. Motor ini dirasa cukup untuk Micro Commuter yang memiliki bobot sekitar 400 kg. Jauh lebih ringan dari mobil biasa.

Sementara baterai ion lithiumnya ditempatkan tepat di bawah kabin.

Berkat tapak ban yang lebar dan penempatan baterai (yang berbobot cukup berat) di bawah kabin tadi, stabilitas mobil unik ini cukup tinggi. Bahkan ketika dikendarai dengan agresif, mobil tetap stabil, cukup mengagumkan.

m


Berapa harganya? Honda belum mengeluarkan harga resmi. Mobil ini diperkirakan akan dijual seharga 600.000 yen di Jepang. Tetapi bisa saja lebih mahal karena mahalnya baterai ion lithium.

m

Sebagai perbandingan, kendaraan bermesin biasa dengan bobot yang cukup ringan harganya mulai 800.000 yen. Jadi sangat penting untuk sebuah kendaraan ultra-compact seperti Micro Commuter memiliki banderolan harga di bawah itu.

0 comments:

Post a Comment